MAKALAH
MANAJEMEN
BADAN USAHA DAN KOPERASI
DOSEN
PENGAMPU :
1.
Drs. H. AMIN SAIB, M.M
2.
ROSMIATI, S.Pd., M.Pd
DISUSUN
OLEH :
REZEKI
AMALIYAH ( A1A115011)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
JURUSAN
PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
JAMBI
2016
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG
Di dalam dunia usaha salah satu
kegiatan yang harus dilakukan yaitu pemasaran. Ketika berbicara tentang pemasaran
pasti membutuhkan manajemen agar kegiatan pemasaran bisa berjalan dengan lancar
dan tepat sasaran. Manajemen merupakan suatu proses mengelola atau mengatur
suatu kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu melalui sekelompok orang yang
dapat mendatangkan hasil. Manajemen pemasaran termasuk upaya untuk
mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan karena berhubungan langsung dengan
konsumen sebagai pemakai produk. Maka manajemen pemasaran dapat diartikan
sebagai kegiatan dari perusahaan yang sangat erat kaitannya dengan situasi
pasar.
Dalam era persaingan yang semakin
ketat pelaku usaha harus pandai dalam memilih strategi pemasaran yang
digunakan. Menawarkan produk-produk yang dibutuhkan konsumen dengan kualitas
yang lebih baik dari produk lain dan berbeda akan menjadi poin penting dalam meningkatan
kepuasan konsumen atas penggunaan produk. Sehingga konsumen mau dan rela kembali
menikmati apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan menjadi pelanggan setia bagi
perusahaan. Untuk itu sebagai manajer pemasaran harus bisa mengikuti
perkembangan zaman agar produk bisa diterima konsumen sesuai dengan masanya.
Pemasaran bukan kegiatan yang mudah
dilakukan oleh setiap orang. Butuh perencanaan dalam kegiatan tersebut agar
bisa sesuai dengan harapan. Banyaknya pesaing di dalam dunia usaha dapat
dijadikan salah satu penghambat dalam menawarkan produk kepada konsumen, jika
salah memilih strategi dan tidak dijalankan dengan sesuai perencanaan maka
untuk mendapatkan kepuasaan dari konsumen akan sangat mustahil. Sehingga keinginan
memperoleh keuntungan yang maksimal akan sulit didapatkan. Keberlangsungan
hidup perusahaan pun akan terancam akibat dari salah memilih strategi pemasaran
yang digunakan.
Berdasarkan pemaparan di atas maka
penulis akan membuat makalah yang berjudul โ Manajemen Pemasaranโ.
1.2 RUMUSAN
MASALAH
Masalah
yang ada dapat dirumuskan menjadi beberapa rumusan masalah, sebagai berikut :
1. Apa
pengertian manajemen pemasaran ?
2. Bagaimana
tujuan dari manajemen pemasaran ?
3. Bagaimana
fungsi manajemen pemasaran ?
4. Bagaimana
konsep dari pemasaran ?
5. Bagaimana
kegiatan manajemen pemasaran ?
1.3 TUJUAN
PENULISAN
Penulisan ini bertujuan untuk
melengkapi salah satu tugas mata kuliah Manajemen Badan Usaha dan Koperasi.
1.4 MANFAAT
PENULISAN
Penulisan ini bermanfaat bagi diri
sendiri agar menambah wawasan tentang manajemen pemasaran, serta bagi pembaca
yang ingin mengetahui dan memahami tentang manajemen pemasaran baik pengertian,
tujuan, fungsi, konsep maupun kegiatan manajemen pemasaran.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN
MANAJEMEN PEMASARAN
Pemasaran
merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan
untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang, dan mendapatkan
laba. Arti pemasaran sering disamakan dengan pengertian-pengertian: (1)
penjualan, (2) perdagangan, dan (3) distribusi. Padahal istilah-istilah
tersebut hanya merupakan satu bagian dari kegiatan pemasaran secara
keseluruhan. Proses pemasaran dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi dan
tidak berakhir dengan penjualan.
Defenisi
pemasaran menurut William J. Stanton, yaitu suatu sistem keseluruhan dari
kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga,
mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Dari defenisi di
atas dapat dijelaskan bahwa arti pemasaran adalah jauh lebih luas daripada arti
penjualan. Pemasaran mencakup usaha perusahaan yang dimulai dengan mengidentifikasi
kebutuhan konsumen yang perlu dipuaskan, menentukan produk yang hendak diproduksi,
menentukan harga produk yang sesuai, menentukan cara-cara promosi dan
penyaluran/penjualan produk tersebut. Jadi, kegiatan pemasaran adalah
kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan sebagai suatu sistem.
Kegiatan-kegiatan
tersebut beroperasi di dalam suatu lingkungan yang terus menerus berkembang
sebagai konsekuensi sosial dari perusahaan, tetapi juga dibatasi oleh
sumber-sumber dari perusahaan itu sendiri dan peraturan-peraturan yang ada.
Bagi pemasaran, perubahan lingkungan dapat berupa suatu peluang atau kesempatan
mengembangkan usahanya.
Sehubungan dengan
itu tugas manajer pemasaran adalah memilih dan melaksanakan kegiatan pemasaran
yang dapat membantu dalam pencapaian tujuan perusahaan serta dalam menyesuaikan
diri dengan perubahan lingkungan. Kegiatan pemasaran ini haruslah
dikoordinasikan dan dikelola dengan cara yang baik, maka dikenal dengan istilah
manajemen pemasaran. Secara umum, manajemen pemasaran adalah proses
merencanakan, penganalisaan, pelaksanaan, dan pengawasan atau mengendalikan
kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan supaya dapat tercapainya target atau
tujuan perusahaan secara lebih efisien dan efektif.
Beberapa
pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli
a. Philip
Kotler/Armstrong (2002:14)
Manajemen
pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian atas program
yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang
menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran
organisasi.
b. P.H.
Nystrom
Pemasaran
meliputi segala kegiatan mengenai penyaluran barang atau jasa dari tangan
produsen ke tangan konsumen.
c. American
Marketing Association
Pemasaran
adalah pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang
dan jasa dari produsen ke konsumen.
Dari
beberapa pengertian para ahli dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran
merupakan suatu kegiatan yang menawarkan produk kepada konsumen dengan
mempertimbangkan perencanaan, penganalisaan, pelaksanaan dan pengawasan
sehingga dapat mendatangkan hasil berupa laba sesuai dengan yang diharapkan.
2.2 TUJUAN MANAJEMEN PEMASARAN
Dalam manajemen
pemasaran tentu harus memiliki tujuan, karena tujuan merupakan langkah awal
untuk melaksanakan suatu kegiatan. Tujuan pemasaran adalah mengenal dan
memahami pelanggan sedemikian rupa agar produk yang dijual akan cocok sesuai
dengan keinginan pelanggan, akibatnya produk tersebut dapat terjual dengan
sendirinya. Beberapa tujuan utama dari
manajemen pemasaran, sebagai berikut:
1. Jangka
pendek
Tujuan
jangka pendek bagi perusahaan adalah untung secepat mungkin. Artinya dapat
menutup semua biaya-biaya produksi yang digunakan dan jika ada kelebihan maka
dikatakan laba.
2. Jangka
menengah
Tujuan
jangka menengah adalah mengusahakan mencapai titik impas antara total biaya
produksi dan total volume penjualan, memperluas cakupan promosi, dan berusaha
lebih memperbesar cakupan volume penjualan.
3. Jangka
panjang
Untuk
jangka panjang perusahaan mempertahankan para pelanggan setia agar tetap loyal
dengan produknya, antara lain dengan produk inovatif, kreatif dan berdaya guna
lebih serta memberikan potongan harga khusus bagi pelanggan.
Selain menetapkan
tujuan pemasaran, pemilihan strategi sasaran pemasaran juga menentukan berhasil
atau tidaknya tujuan tersebut. Berbagai ciri khusus penjual, produk atau pasar
akan memberi batas pada pilihan terhadap strategi sasaran pemasaran :
a. Sumber-sumber
perusahaan
b. Keserbasamaan
produk(homogenitas produk)
c. Tingkat
produksi dalam hidup
d. Keserbasamaan
pasaran (homogenitas)
e. Siasat
pemasaran
v STRATEGI
PEMASARAN
Strategi
pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang mengarahkan kegiatan
atau usaha pemasaran dalam suatu perusahaan, dalam kondisi persaingan dan
lingkungan yang selalu berubah, agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Strategi pemasaran merupakan bagian dari
perencanaan pemasaran, yang merupakan tahap kelima dari proses pemasaran.
Proses
Pemasaran
2.3 FUNGSI MANAJEMEN PEMASARAN
Fungsi
pemasaran adalah menjembatani interaksi antara perusahaan dengan pelanggan.
Peranan lainnya adalah memfasilitasi proses identifikasi peluang produk,
pendefinisian segmen pasar dan identifikasi kebutuhan pelanggan. Bagian
pemasaran juga secara khusus merancang komunikasi antara perusahaan dengan
pelanggan, menetapkan target harga dan merancang peluncuran serta promosi
produk.
Fungsi utama
mengapa kegiatan pemasaran dilakukan :
1. Untuk
memberikan informasi tentang produk yang dijual perusahaan
2. Untuk
mempengaruhi keputusan membeli konsumen
3. Untuk
menciptakan nilai ekonomis suatu barang.
2.4 KONSEP
PEMASARAN
Perusahaan yang sudah mulai mengenal
bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan
mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. Cara dan
falsafah baru ini disebut konsep
pemasaran (marketing concept). Sebagai falsafah bisnis, konsep pemasaran
bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen atau
berorientasi pada konsumen (consumer oriented).
Adapun
beberapa pengertian dari beberapa tokoh tentang konsep pemasaran. Menurut
Swastha (1979:17) โKonsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang
menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan
sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.โ Sedangkan definisi lain menyatakan
bahwa konsep pemasaran adalah menjadi lebih efektif dari para pesaing dalam
memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan
keinginan pasar sasaran (Kotler,1997:17).
Ada
lima konsep pemasaran yang mendasari cara perusahaan melakukan kegiatan
pemasarannya yaitu:
1. Konsep
berwawasan Produksi
Konsep
ini berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang mudah didapat dan murah
harganya sehingga fokus utamanya adalah meningkatkan efisiensi produksi dan
memperluas cakupan distribusi.
2. Konsep
berwawasan Produk
Konsep
ini berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang menawarkan mutu,
kinerja terbaik dan hal-hal inovatif lainnya sehingga fokus utamanya adalah
membuat produk yang lebih baik dan berusaha terus menerus untuk
menyempurnakannya.
3. Konsep
berwawasan Penjualan
Konsep
ini berpendapat bahwa kalau konsumen dibiarkan saja maka konsumen tidak akan
membeli produk perusahaan dalam jumlah cukup. Oleh karena itu, perusahaan harus
melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.
4. Konsep
berwawasan Pemasaran
Konsep
ini berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari
penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang
diinginkan secara lebih efektif dan efisien dari para pesaingnya. Konsep ini
didasarkan pada empat sendi utama, yaitu pasar sasaran, kebutuhan pelanggan,
pemasaran yang terkoordinasi, serta keuntungan.
5. Konsep
berwawasan Pemasaran bermasyarakat
Konsep
ini berpendapat bahwa tugas perusahaan adalah menentukan kebutuhan dan einginan
serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhinya dengan lebih efektif dan
efisiensi dari pada saingannya dengan cara mempertahankan atau meningkatkan
kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
2.5 KEGIATAN MANAJEMEN PEMASARAN
Dalam manajemen
pemasaran yang maju, maka kegiatan pemasaran suatu perusahaan didefinisikan
sebagai berikut : Manajemen pemasaran adalah suatu bagian kegiatan dari
perusahaan yang sangat erat berhubungan dengan situasi pasar. Kegiatan itu
terdiri dari :
1. Mengetahui
kebutuhan dan minat khusus pasar
2. Menciptakan
dan menjamin adanya produk yang memenuhi kebutuhan pasar
3. Menciptakan
dan memelihara pasar dari produk.
Kegiatan tersebut direncanakan,
diorganisir dan dikendalikan untuk memenuhi kehendak konsumen, pemilik,
penyalur dan semua pihak yang berkepentingan atas kegiatan perusahaan tersebut.
Kegiatan
pemasaran tersebut dapat diperinci sebagai kegiatan-kegiatan :
a. Riset
pasar
b. Manajemen
produksi
c. Penetapan
harga
d. Promosi
e. Penjualan
f. Distribusi
Selain itu terdapat kegiatan utama
pemasaran yang dikelompokkan menjadi 4 bagian besar, dan dikenal sebagai 4P, yaitu
:
1. Product
(produk) : yang menyangkut pemilihan barang atau jasa yang ditawarkan secara
tepat.
2. Price
(harga) : menyangkut penetapan harga jual barang yang sesuai dengan kualitas
barang dan dapat dijangkau oleh konsumen.
3. Place
(tempat) : menyangkut pemilihan cara pendistribusian barang dan jasa sehingga
sampai ke tangan konsumen.
4. Promotion
(promosi) ; menyangkut pemilihan kebijaksanaan promosi yang tepat, sesuai
dengan barang atau jasa yang ditawarkan.
PERINCIAN
4P
Product
(Produk)
|
Place
(Sistem
distribusi)
|
Promotion
(Kegiatan
promosi)
|
Price
(Harga)
|
-
Kualitas
-
Features dan style
-
Merk dan kemasan
-
Product line
-
Tingkat pelayanan
|
-
Saluran distribusi
-
Jangkauan distribusi
-
Lokasi penjualan
-
Pengangkutan
-
Persediaan
-
Penggudangan
|
-
Periklanan
-
Personal seling
-
Promosi penjualan
-
Publisitas
|
-
Tingkat harga
-
Potongan harga
-
Waktu pembayaran
-
Syarat pembayaran
-
Cadangan
|
Kegiatan pemasaran tersebut, yang
dikelompokkan menjadi 4P merupakan marketing mix. Marketing mix adalah kerangka
dari suatu keputusan pemasaran yang variabel (marketing decision variables)
dalam setiap perusahaan di dalam waktu atau sampai batas waktu tertentu/khusus.
Adapula yang mengatakan bahwa marketing mix adalah faktor-faktor yang dikuasai,
digunakan dan dikendalikan oleh seorang marketing manager (controllable
factors) untuk mempengaruhi jumlah permintaan.
Kedua pendapat
di atas pada prinsipnya sama, di mana tujuan akhirnya (ultimate goalnya), yakni
bagaimana usaha-usaha yang dilakukan oleh seorang marketing manager untuk
mempengaruhi jumlah permintaan dan meningkatkan omzet penjualan agar usahanya
bisa sukses.
Dalam menuju
kesuksesaan itu, dua kelompok rencana pemasaran perlu di perhatikan :
1. Presentasinya
(persembahannya)
Yang termasuk dalam kelompok ini
adalah produk itu sendiri, pembungkus (packaging), merk (brand), harga (price)
dan jasa-jasa (services).
2. Metode
dan mekanismenya
Yang termasuk dalam hal ini ialah
saluran distribusi (channel of distribution), personal selling, periklanan
(advertising), promosi (sales promotion) daan publisitas (publicity).
Sukses
atau tidaknya penjualan suatu barang tergantung kepada tepat tidaknya
kebijaksanaan (policy) dari manajer penjualan
Secara dragmatis manajemen yang maju dapat
digambarkan sebagai berikut :
Gambar tersebut
menjelaskan bahwa jika suatu perusahaan ingin keberhasilan baik dalam
mendapatkan laba, berkembang maupun bertahan dalam dunia usaha. Maka perusahaan
harus merumuskan kombinasi 4P dari marketing mix yang berbeda pula, baik untuk menyesuaikan
program pemasarannya dengan perilaku konsumen maupun dalam mempengaruhi perilaku
konsumen itu sendiri.
Sebagai contoh :
perilaku konsumen yang telah dipengaruhi kebudayaan yang maju, tingkat
pendidikan, pendapatan yang meningkat dan bertambahnya macam produk akibat
perkembangan teknologi menyebabkan konsumen mulai membandingkan harga dan mutu
produk, meminta pengepakan yang lebih baik dan menarik, mengharapkan pelayanan
yang baik, lebih peka terhadap informasi dan periklanan, lebih sering
mengadakan hubungan sosial dan sebagainya. Ini semua memerlukan marketing mix
yang berbeda dengan apabila perilaku itu ditunjukkan oleh konsumen yang
mempunyai pendapatan rendah, hidup di desa, masih buta huruf dan hidup dalam
kebudayaan tertutup.
BAB III
PENUTUP
3.1
KESIMPULAN
Pemasaran
merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan oleh suatu
perusahaan untuk mengenalkan maupun menawarkan produknya kepada konsumen.
Tujuan dari pemasaran yaitu dalam jangka pendek untuk mendapatkan laba, jangka
menengah mendapatkan titik impas antara biaya produksi dengan volume penjualan
sedangkan untuk jangka panjang mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan
melalui loyalitas konsumen dalam penggunaan produk yang dihasilkan. Agar tujuan
dapat tercapai secara penuh ataupun mendekati dengan yang sudah ditentukan,
maka diperlukan pemilihan strategi pemasaran yang tepat untuk menunjang
berhasilnya tujuan tersebut.
Manajemen
pemasaran berfungsi untuk memberikan informasi produk kepada konsumen,
mempengaruhi keputusan yang akan diambil konsumen serta menciptakan nilai
ekonomis suatu produk. Pelaku usaha yang sudah mulai mengetahui pentingnya
pemasaran akan mengenal adanya konsep pemasaran yang bertujuan untuk memberikan
kepuasan terhadap apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen. Ada 5
konsep pemasaran diantaranya : konsep berwawasan produksi, konsep berwawasan
produk, konsep berwawasan penjualan, konsep berwawasan pemasaran, dan konsep
berwawasan pemasaran bermasyarakat.
Adapun kegiatan
pemasaran yang dapat dirinci sebagai kegiatan-kegiatan: riset pasar, manajemen
produksi, penetapan harga, promosi, penjualan dan distribusi. Selain kegiatan
tersebut terdapat kegiatan utama pemasaran yang dikelompokkan menjadi 4P atau
dikenal dengan istilah Marketing Mix, terdiri dari Product, Place, Promotion
dan Price. Dimana tujuan akhir dari kegiatan tersebut yakni bagaimana
usaha-usaha yang dilakukan oleh seorang marketing manager untuk mempengaruhi
jumlah permintaan dan meningkatkan omzet penjualan agar usahanya bisa sukses.
3.2
SARAN
Keinginan setiap pelaku usaha adalah
mendapatkan laba dan dapat mempertahankan perusahaannya di tengah persaingan usaha
yang ketat. Kegiatan pemasaran merupakan salah satu solusi untuk pencapaian
keinginan pelaku usaha tersebut. Dengan memilih manajemen pemasaran profesional
dan strategi yang tepat dalam menjalankan kegiatan tersebut, maka keinginan
mendapatkan laba dan mempertahankan kelangsungan perusahaan dapat terealisasi
sesuai harapan. Jadi, tempatkanlah manajemen pemasaran tersebut sebagai
kegiatan penting di dalam perusahaan demi mencapai tujuan usaha.
DAFTAR PUSTAKA
Mursid, M.2010.Manajemen Pemasaran.Jakarta: Bumi Aksara
Swastha, Basu & T. Hani
Handoko. 1987.Manajemen Pemasaran Analisa
Perilaku Konsumen.Yogyakarta: Liberty
Assauri, Sofjan.2011.Manajemen pemasaran.Jakarta:PT
RajaGrafindo Persada
PS: Jangan asal copast ya :)
assalamualaikum ka, minta izin copas yah :)
BalasHapusAssalamualaikum izin kopas ya kak
BalasHapusassalamualikum kak izin copas ya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusizin kopas ya mas tologngin huhu :(
BalasHapuskakak izin copas. terima kasih
BalasHapusijin kopas ea kk ^.^
BalasHapusijin copas kk :)
BalasHapusIzin copas ya bosku :)
BalasHapusIzin copas ya
BalasHapusizin kak copas bagus kak maklah nya
BalasHapusizin copas ya pak
BalasHapusizin copas ya pak
BalasHapusizin copas ya pak
BalasHapusassalamualaikum..kak izin copas ya
BalasHapusizin copas ya pak
BalasHapusIzin copas ya gan buat materi kuliah manajemen pemasaran , Makasih udah share kk.
BalasHapusIzin kopas kk
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusizin copas ya ka, terimakasih
BalasHapusAssalamualaikum. Kak ijin copas yah ๐
BalasHapusIzin mengutip sepotong kalimat untuk menambah referensi. Terimakasih
BalasHapusizin copas ya kak
BalasHapusijin kopas kak
BalasHapusGood
BalasHapusIzin ambil sebagian isi makalahnya ya
BalasHapusizin copas y
BalasHapuskak, saya izin copas ya. makasih :)
BalasHapusIJIN COPAS
BalasHapusIzin copas kak, makasih:)
BalasHapusMalem kak,izin copas yaa... terima kasih
BalasHapusizin copas kak
BalasHapusizin copas ya kak
BalasHapusizin copas ya kak, makasih
BalasHapuskak izin copas ya
BalasHapusKak minta izin copas :")
BalasHapusMakasih โก
kak izin copas ya, makasih
BalasHapusIzin copas kak sedikit, terimakasih banyak sebelumnya ๐๐ป๐๐ป๐๐ป
BalasHapusKaka izin copas ya bagian pendahuluan๐๐
BalasHapusIzin kopas ya kak โบ๏ธ๐๐ป
BalasHapusAlhamdulillah jd referensi...
BalasHapusLangkah strategi pemasaran
BalasHapushttps://www.krishandsoftware.com/blog/1433/langkah-langkah-yang-perlu-diperhatikan-dalam-strategi-pemasaran/